Keterlibatan Dalam Perjanjian Internasional

 Keterlibatan Jerman Dalam Perjanjian-Perjanjian Internasional

 

Sejarah bangsa Jerman modern yang makmur termasuk diantaranya keikutsertaan dalam dua perang dunia yang menyebabkan banyak menelan korban jiwa dan pemulihan dari keterpurukan banyak negara-negara akibat negara akibat perang tersebut. Reunifikasi Jerman (jerman barat dan jerman timur) adalah suatu jalan kemenangan, akan tetapi reunifikasi ini juga telah membawa permasalahan dan tantangan baru bagi Jerman.

Pasca Perang Dunia I dan II, Jerman telah mengikuti dan melakukan banyak perjanjian internasional, diantaranya adalah perjanjian yang sangat dikenal oleh banyak orang didunia yaitu perjanjian Versailles.

Perjanjian Versailles adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian ini akhirnya ditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 di Compiègne Forest, yang mengakhiri perseturuan sesungguhnya. Salah satu hal paling penting yang dihasilkan oleh perjanjian ini adalah bahwa Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan, melalui aturan dari pasal 231-247, harus melakukan perbaikan-perbaikan pada negara-negara tertentu yang tergabung dalam Sekutu.

Perjanjian Versailles ini juga telah menciptakan keadaan suatu keadaan yang kondusif didirikannya Liga Bangsa-Bangsa, sebuah tujuan utama Presiden A.S. Woodrow Wilson. Liga Bangsa-Bangsa dimaksudkan untuk menengahi konflik-konflik internasional dan dapat mencegah terjadinya perang di masa depan.

Setelah Perang Dunia II, dalam perjalanannya jerman telah ikut serta dalam banyak perjanjian-perjanjian internasional di berbagai bidang, diantaranya bidang politik, keamanan, teknologi, ekonomi, perdagangan dan industri serta perjanjian-perjanjian di bidang lingkungan yang isu-isunya saat ini telah menjadi isu yang sangat global dan penting untuk di ikuti oleh setiap negara di dunia. Diantaranya Jerman telah mengikuti perjanjian-perjanjian internasional yang bergerak di bidang lingkungan hidup yaitu, Antarctic-Environmental Protocol, Antarctic Treaty, dan Climate Change-Kyoto Protocol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s