ANALISIS TENTANG JERMAN

 Analisa potensi negara kamu untuk menjadi negara adidaya, dilihat dari potensi yang dimiliki lalu bandingkan dengan negara-negara lain baik didalam kawasan mupun di dunia?

 

Jerman sebuah negara yang terletak di Eropa Barat dengan luas wilayah 357,021 kilometer persegi, yang berbatasan langsung dengan Belanda, Belgia, Cekoslovakia, Perancis Luxembur, Swiss, Polandia dan juga Denmark. Merupakan sebuah negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar di kawasan Eropa serta juga memiliki penduduk terbesar kedua di kawasan tersebut. Jerman merupakan negara kunci di bidang ekonomi, politik, dan pertahanan keamanan dalam keanggotaan Uni Eropa.

Negara ini juga merupakan negara di Eropa yang kekuatannya telah tenggelam di dalam dua Perang Dunia yang lalu dan telah membiarkan menjadi negara pendudukan dari kemenangan kekuatan pasukan aliansi, Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Uni Soviet pada tahun 1945.

Sebelum adanya Perang Dingin Jerman terpecah menjadi dua, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur, dan jerman bersatu kembali pada tahun 1990 setelah masa perang dingin berakgir. Semenjak itu Jerman telah mengeluarkan anggaran belanja yang sangat besar untuk menjadi negara Eropa barat yang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi di setiap bidang terutama bidang ekonomi dan juga memiliki tingkat standar negara barat yang tinggi pula. Pada tahun 1999 Jerman dan 10 negara eropa lainnya memperkenalkan mata uang bersama beberapa negara-negara Eropa,yaitu Euro.

Bila melihat sekilas mengenai historis Jerman hingga sampai dengan saat ini hingga Jerman telah menjadi sebuah barometer negara maju yang memiliki peranan penting dalam percaturan politik dunia yang mengglobal.

Apabila dianalisis apakah mungkin Jerman sebagai sebuah negara yang kalah dalam 2 perang dunia ini dapat menjadi sebuah negara adidaya?

Walaupun Jerman telah kalah dalam 2 kali perang dunia, namun sekarang sebagai sebuah negara, mereka telah menjadi negara yang sangat maju dan modern dengan memiliki tingkat teknologi yang tinggi. Akan tetapi menurut saya masih belum bisa untuk menjadi sebuah negara adidaya, hal ini bisa dilihat dari beberapa faktor, diantaranya adalah faktor tangible yaitu mereka tidak memiliki geografis atau wilyah yang luas seperti AS, dan Cina, lalu mereka tidak memiliki penduduk yang besar serta tidak memiliki personil militer yang banyak, walaupun kekuatan persenjataan militer mereka setaraf dan secanggih yang dimiliki Amerika.

Berbeda halnya dengan beberapa negara yang lain yang terletak di kawasan Asia seperti China dan India. Untuk kedua negara ini, India dan terutama China sangat tidak tertutup kemungkinan untuk dapat menjadi sebuah negara adidaya, hal ini dikarenakan mereka memiliki ciri-ciri untuk menjadi negara adidaya yaitu faktor tengible dan antengible.

Jadi kesimpulan saya adalah kemungkinan Jerman untuk menjadi sebuah negara adidaya tidak akan terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s