JAWABAN SOAL UAS ICT TAHUN AJARAN 2007/2008

 UJIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN AKADEMIK 2007/2008

 

Mata Kuliah : INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (CYBER IT)
Semester / Juruasan : VIII / HI
Kelas / Program : 4 HI-2
Hari / Tanggal : Kamis / 24 April 2008
Dosen : H. Budi Mulyana, S.IP
Nama Mahasiswa : Roy Mossel
NIM : 44304043

1. Kelompok Kawasan : Eropa

Nama Negara : Jerman

Kapabilitas Politik Negara

 

Paham yang Dianut

 

Uraian

 

Keterangan

 

Ideologi

 

Republik Federal Jerman

Jerman adalah negara republik dan demokrasi, serta negara federal.

Republik sebagai bentuk negara dikukuhkan oleh UUD dalam Grundgesetz. Sebagai Republik Federal Jerman.Dalam hal ini tampak dalam kenyataan, bahwa Presiden Federal (Bundesprasident) adalah kepala negara yang ditentukan melalui pemilihan. Dasar bentuk negara demokrasi adalah asas kedaulatan rakyat. Undang-Undang Dasar menyebutkan, bahwa seluruh kekuasaan negara berasal dari rakyat. Dalam hal ini Grundgesetz menganut sistem demokrasi tak langsung, yaitu demokrasi melalui perwakilan. Artinya : kekuasaan negara harus diakui dan disetujuai rakyat, tetapi penyelenggaraannya tidak langsung oleh keputusan-keputusan rakyat, selain dalam pemilihan umum.

Penyelenggaraan ini diserahkan kepada badan-badan tersendiri. dibidang legislatif, eksekutif dan yudikatif. Rakyat sendiri menjalankan kekuasaan negara terutama dalam pemilihan parlemen yang diselenggarakan secara berkala.

Ekonomi dan Teknologi

 

Liberal dan industri

Jerman adalah salah satu negara dengan paham ekonomi liberal, selain itu Jerman merupakan negara industri. Saat ini Jerman berada pada posisi ke 3 sebagai negara industri maju setelah Amerika dan Jepang.

Gros Domestik Produk : $2.8 trilliun (2005)

GDP per Kapita : $34,400(2007)

 

GDP dari sektor ekonomi : Agrikultur, perhutanan, perikanan : 0.9%

Industri ;29.7 %

Barang & Jasa : 69.4% (2005)

Demografi

 

Jumlah penduduk 82,400,996 (2007)

 

Jerman memiliki banyak kota besar namun hanya tiga yang memiliki lebih dari satu juta orang: Berlin, Hamburg, dan Munich.

 

Dengan demikian populasi tidak terlalu terpusat dan berorientasi ke satu kota besar saja bila dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

Pada 2004 sekitar 6,7 juta non-warganegara tinggal di Jerman. Dengan yang terbesar datang dari Turki, diikuti oleh Italia, Yunani dan dari negara-negara lainnya.

 

Ibukota : Berlin

 

Populasi Kota Terbesar :

Berlin 3,387,800 (2005)

Hamburg 1,734,800 Munich 1,249,200

Cologne 969,70 (2005)

Frankfurt 646,900(2005)

 

Etnik :

Jerman 91.5%

Turki 2.3%

Italia 0.7%

Yunani 0.4%

Polandia 0.4%

Lain-lain 4.7%

 

 

Afiliasi Agama :

Protestan : 37 %

Katolik Roma: 35 %

Muslim : 4 %

Non Agama : 17 %

Lain-lain : 7 %

Militer

 

Jumlah personil tentara Jerman : 290.500 orang

 

Sejak tahun 1955 Jerman Barat telah tergabung di bawah komando North Atlantic Treaty Organization (NATO), dan hingga sampai saat inipun negara federal Jerman masih tetap bergabung dengan NATO.

Batas usia warga negara Jerman yang ingin bergabung atau menjadi tentara Jerman adalah harus berusia 16 sampai dengan 49 tahun.

Angkatan Darat (Heer) : 191,350 personil

 

Angkatan Laut (Deutsche Marine, includes naval air arm) : 25,650 personil

 

Angkatan Udara (Luftwaffe): 67,500 personil

 

Geografi

 

Luas Wilayah Jerman: 356,970 km2

 

Jerman merupakan negara yang bertetangga paling banyak di Eropa. terletak di bagian tengah Eropa,

Jerman bertetangga dengan Polandia dan Ceko di timur, Austria dan Swiss di selatan, Belanda, Belgia, Luxemburg dan Perancis di Barat serta Denmark, Laut Utara dan Baltik di utara.

Dataran Jerman Utara dengan ketinggian di atas permukaan laut tidak sampai 100 meter; Pegunungan Jerman Tengah terdiri dari tanah tinggi dari timur sampai barat; Tanah Lembah Rhine Barat Daya adalah satu daerah yang bersempadan ngarai dan tebing; sedang Dataran Tinggi Alphen Bavaria merupakan daerah pegunungan, di mana terdapat pegunungan Alps dengan puncaknya mencapai 2.963 meter di atas permukaan laut, merupakan puncak paling tinggi di Jerman.

Sungai Utama Jerman adalah Sungai Rhein (sepanjang 865 kilometer di wilayah Jerman) dan Sungai Danube, dengan temperatur rata-rata 14-10 derajat Celsius pada Juli dan 5-1 derajat Celsius pada Januari.

 

 

 

Diplomasi

 

Misi diplomasi yang dianut Jerman dalam hubungannya dengan negara lain disebut “Germany Eyes, Ears and Voice abroad.

Tujuannya dari misi diplomasi mereka adalah untuk memperkenalkan negara Jerman, mempertahankan kepentingan nasional dan melindungi warga negara Jerman di negara lain. mereka berusaha menegosiasi dengan pemerintah negara lain untuk mempromosikan kerjasama hubungan politik, ekonomi, budaya dan ilmu pengetahuan.

Tugas-tugas dasar dari misi diplomasi Negara Federal Jerman mencangkup :

  1. pengumpulan informasi

  2. Melaporkan isu-isu yang relevan dan berhubungan dengan kedaulatan federasi dan negara Jerman

  3. Membantu warga negara Jerman yang bermasalah di negara lain

  4. Membantu perusahaan Jerman yang ada ataupun berhubungan dengan negara lain, dan

  5. Mengembangkan jalur perdagangan

  6. Mempromosikan pertukaran budaya

  7. Memberikan pendidikan kepada negara lain tentang kebijakan-kebijakan luar negeri yang dikeluarkan pemerintah Jerman

  8. Mempersiapkan dan mengundang untuk mengunjungi pariwisata yang ada di Jerman

 

 

Sejarah Interaksi Internasional

 

 

 

 

Interaksi Internasional yg dilakukan oleh Jerman terbagi atas :

  1. Interaksi dengan negara-negara Uni Eropa

  2. Interaksi dengan negara-negara non- Uni Eropa

  3. Interaksi dengan Amerika Serikat, serta

  4. Interaksi dengan Negara-negara di luar Eropa.

 

1. Interaksi dengan negara-negara Uni Eropa. Maksudnya adalah, Sebagai bagian dari negara di kawasan Eropa Jerman terintegrasi dalam organisasi kawasan Uni Eropa yang memudahkan untuk berinteraksi dengan negara-negara anggota uni Eropa lainnya, karena di dalam organisasi Uni Eropa hambatan-hambatan yang ada dalam proses interaksi antar negara sedikit demi sedikit dihilangkan

2. Interaksi dengan negara-negara non- Uni Eropa, yaitu melakukan kerjasama yang lebih erat dengan negara-negara di Eropa yang belum masuk menjadi bagian dari Uni Eropa seperti dengan Rusia yaitu membuat poros Berlin-Paris Moskow, serta melakukan kerjasama dengan Polandia.

3. Interaksi dengan Amerika Serikat, yaitu menjalin hubungan kerjasama yang lebih erat dengan AS dimana Jerman mencoba menghindari keretakan hubungan Jerman-AS, setelah Jerman menjalin hubungan bilateral yg baru dengan Rusia.

4. Interaksi dengan negara-negara di luar Eropa, maksudnya adalah menjalin kerjasama dengan negara-negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah di dalam bidang Ekonomi dan Politik.

 

 

 

Keterlibatan Dalam Perang

 

 

Dalam sejarah berlangsungnya negara Jerman telah terlibat dalam Perang-perang besar yang terjadi di dunia, diantaranya adalah Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Jerman merupakan aktor dibalik terjadinya perang dunia 1 dan 2 tetapi sebelum itu pun Jerman mempunyai beberapa konflik dengan negara-negara di Eropa lainnya.

Pada bulan agustus 1914 Jerman menyatakan perang terhadap Perancis, Inggris, Belgia, dan Rusia. Negara-negara Eropa terpecah menjadi dua aliansi, pertama Blok Sentral yang terdiri dari Jerman, Austria, Hongaria, Bulgaria, dan Turki. Kedua, Blok Sekutu yang terdiri dari Rusia, Perancis, Inggris, Servia, dan Belgia. Perang Dunia berakhir dengandisetujuinya genjatan senjata pada bula November 1918. tampil sebagai pemenangnya ialah kelompok negara-negara Sekutu.

Karena merasa diperlakukan secara tidak adil dalam perjanjian Versailles, Jerman menjadi negara fasis yang bersifat agresif.

pada tahun 1939, Jerman melakukan okupasi ke Polandia. Sebuan ini memancing Inggris dan Perancis menyatakan perang kepada Jerman maka meletuslah Perang Dunia II. Kemudian, Jerman menyerang Norwegia (April 1940), Belanda (Mei 1940), dan Belgia (akhir Mei 1940). Sekutu akhirnya dapat mengalahkan jerman di front Afrika Utara pada tahun 1943. Jerman akhirnya di bombardir sekutu pada tahun 1945, dan akhirnya menyerah.

 

 

 

Keterlibatan Dalam Perjanjian Internasional

 

 

Pasca Perang Dunia I dan II, Jerman telah mengikuti dan melakukan banyak perjanjian internasional,

Diantaraperjanjian-perjanjian yang telah dilakukan oleh Jerman ada sebuah perjanjian yang sangat dikenal oleh banyak orang didunia yaitu perjanjian Versailles.

Perjanjian Versailles adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian ini akhirnya ditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 di Compiègne Forest.

Salah satu hal paling penting yang dihasilkan oleh perjanjian ini adalah bahwa Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan, melalui aturan dari pasal 231-247, harus melakukan perbaikan-perbaikan pada negara-negara tertentu yang tergabung dalam Sekutu.

Perjanjian Versailles ini juga telah menciptakan keadaan suatu keadaan yang kondusif didirikannya Liga Bangsa-Bangsa, sebuah tujuan utama Presiden A.S. Woodrow Wilson. Liga Bangsa-Bangsa dimaksudkan untuk menengahi konflik-konflik internasional dan dapat mencegah terjadinya perang di masa depan.

Setelah Perang Dunia II, dalam perjalanannya jerman telah ikut serta dalam banyak perjanjian-perjanjian internasional di berbagai bidang, diantaranya bidang politik, keamanan, teknologi, ekonomi, perdagangan dan industri serta perjanjian-perjanjian di bidang lingkungan yang isu-isunya saat ini telah menjadi isu yang sangat global dan penting untuk di ikuti oleh setiap negara di dunia. Diantaranya Jerman telah mengikuti perjanjian-perjanjian internasional yang bergerak di bidang lingkungan hidup yaitu, Antarctic-Environmental Protocol, Antarctic Treaty, dan Climate Change-Kyoto Protocol.

 

 

 

 

 

2.a. Berdasarkan Weekly news yang telah saya tampilkan di Blog saya, saya dapat mengambil analisa bahwa Jerman memiliki suatu peranan yang sangat penting dalam banyak bidang, baik di dunia internasional maupun di kawasan Eropa (Uni Eropa). Pada periode kepemimpian Kanselir Jerman Angela Markel saat ini, Jerman telah mencapai banyak hal dalam berbagai bidang dan juga Jerman telah menjadi sebuah Negara yang memiliki andil besar dalam menentukan arah perpolitikan internasional ataupun kawasan yaitu uni Eropa. Pada kawasan Uni Eropa Pengaruh suara Jerman di Dewan Uni Eropa merupakan suara terbasar setelah Perancis, sehingga ketika pada tahun ini dimana Perancis akan menjadi ketua Dewan Uni Eropa maka presiden perancis secara intens selalu mengadakan pertemuan untuk membahas banyak hal yang berkaitan untuk mendapatkan dukungan dalam penentuan arah kebijakan Uni Eropa.

Sedangkan di luar wilayah Uni Eropa Jerman dengan gigih tetap memperjuangkan agar negara-negara di dunia untuk bersama-sama bekerjasama menangani permasalahan lingkungan yang saat ini telah menjadi suatu permasalahan yang seruis dan mengancam kehidupan umat manusia. Di Uni Eropa sendiri peranan Jerman dalam menyerukan agar negara-negara Uni Eropa dapat fokus dan intens dalam menanganai permasalahan lingkungan hidup daspat dikatakan telah berhasil.

Lalu di bidang Politik, peranan Jerman dalam permasalahan politik dunia juga masih tetap memiliki peranan yang kuat, dimana sebagai contoh Jerman sebagai salah satu negara anggota NATO telah menugaskan pasukan gerak cepatnya di Afghanistan Selatan guna menggantikan keberadaan pasukan Norwegia. Sedangkan Hubungan antara Jerman dengan negara-negara lainnya di dunia tetap terjalin dengan baik bahkan denganIsrael sekalipun.

 

2.b. Bila saya hubungkan keterkaitan antara kondisi real yang telah saya jelaskan diatas dengan keseluruhan kapabilitas negara yang dimiliki oleh Jerman, tentunya sangat berhubungan sekali. Dimana dengan segala segala sumber daya alam maupun manusia serta kekuatan dan keunggulan teknologi dan ekonominya. Dapat dilihat dengan income per capita masyarakatnya yang sebesar $34,400, Jerman merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki GDP terberbesar ke 3 di Eropa, lalu di bidang pendidikan Jerman juga merupakan sebuah negara tujuan para pelajar di dunia untuk menimba ilmu, hal ini dikarenakan standar pendidikan di Jerman merupakan standar tertinggi di dunia. Sedangkan di bidang teknologi, juga merupakan negara yang memiliki teknologi terbaik dan tertinggi di dunia setelah Jepang. Ditambah pula dengan keikutsertaannya dalam keanggotaan Jerman di berbagai organisasi internasional, maka pantaslah kiranya Jerman ini menjadi sebuah negara yang memiliki peranan penting baik di kawasan Eropa maupun di dunia internasional.

3. Menurut saya bila dibandingkan dengan negara-negara kelompok saya (Eropa) yaitu Inggris, Perancis dan Turki. Maka Kapabilitas Jerman sebagai sebuah negara yang memiliki keseimbangan di berbagai sektor, hanya dapat disaingi oleh Inggris dan Perancis. Sehingga ketiga negara ini kapabilitasnya dapat dikatakan seimbang baik secara ekonomi, politik, teknologi maupun pertahanan dan keamanan. Untuk pengaruh ataupun peranan dari Inggris dan Perancis dalam kancah perpolitikan global, mereka memiliki pengaruh yang kuat tarlebih pengaruh dari kebijakan-kebijakan politik luar negeri Inggris dalam perpolitikan global, disamping sebagai negara yang kuat di segala bidang Inggris juga merupakan sekutu dekat dari Amerika Serikat. Lain halnya dengan pengaruh ataupun peranan dari Turki, karena kapabilitas Turki dapat dikatakan tingkatannya masih jauh dibawah Jerman, Inggris maupun Perancis, sehingga kapabilitasnya untuk menancapkan pengaruhnya di dunia internasional masih belum cukup kuat.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s