Jawaban Soal-soal UTS Semester VIII

 

Mata Kuliah : INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (CYBER IR)
Semester / Juruasan : VIII / HI
Kelas / Program : 4 HI-2
Hari / Tanggal : Kamis / 24 April 2008
Dosen : H. Budi Mulyana, S.IP

 Nama Mahasiswa : Roy Mossel

1. Kelompok Kawasan : Eropa

Nama Negara : Jerman

Kapabilitas Politik Negara

 

Paham yang Dianut

 

Uraian

 

Rincian

 

Ideologi

 

Republik Federal Jerman

Jerman adalah negara republik dan demokrasi, serta negara federal.

Republik sebagai bentuk negara dikukuhkan oleh UUD dalam Grundgesetz. Sebagai Republik Federal Jerman.Dalam hal ini tampak dalam kenyataan, bahwa Presiden Federal (Bundesprasident) adalah kepala negara yang ditentukan melalui pemilihan. Dasar bentuk negara demokrasi adalah asas kedaulatan rakyat. Undang-Undang Dasar menyebutkan, bahwa seluruh kekuasaan negara berasal dari rakyat. Dalam hal ini Grundgesetz menganut sistem demokrasi tak langsung, yaitu demokrasi melalui perwakilan. Artinya : kekuasaan negara harus diakui dan disetujuai rakyat, tetapi penyelenggaraannya tidak langsung oleh keputusan-keputusan rakyat, selain dalam pemilihan umum. Penyelenggaraan ini diserahkan kepada badan-badan tersendiri. dibidang legislatif, eksekutif dan yudikatif. Rakyat sendiri menjalankan kekuasaan negara terutama dalam pemilihan parlemen yang diselenggarakan secara berkala.

Ekonomi dan Teknologi

 

Liberal dan industri

Jerman adalah salah satu negara dengan paham ekonomi liberal, selain itu Jerman merupakan negara industri. Saat ini Jerman berada pada posisi ke 3 sebagai negara industri maju setelah Amerika dan Jepang.

Gros Domestik Produk : $2.8 trilliun (2005)

GDP per Kapita : $33,890.50 (2005)

 

GDP dari sektor ekonomi : Agrikultur, perhutanan, perikanan : 0.9%

Industri ;29.7 %

Barang & Jasa : 69.4% (2005)

 

 

 

Demografi

 

Jumlah penduduk 82,400,996 (2007)

 

Jerman memiliki banyak kota besar namun hanya tiga yang memiliki lebih dari satu juta orang: Berlin, Hamburg, dan Munich.

 

Dengan demikian populasi tidak terlalu terpusat dan berorientasi ke satu kota besar saja bila dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

Pada 2004 sekitar 6,7 juta non-warganegara tinggal di Jerman. Dengan yang terbesar datang dari Turki, diikuti oleh Italia, Yunani dan dari negara-negara lainnya.

 

Ibukota : Berlin

 

Populasi Kota Terbesar :

Berlin 3,387,800 (2005)

Hamburg 1,734,800 Munich 1,249,200

Cologne 969,70 (2005)

Frankfurt 646,900(2005)

 

Etnik :

Jerman 91.5%

Turki 2.3%

Italia 0.7%

Yunani 0.4%

Polandia 0.4%

Lain-lain 4.7%

 

 

Afiliasi Agama :

Protestan : 37 %

Katolik Roma: 35 %

Muslim : 4 %

Non Agama : 17 %

Lain-lain : 7 %

Militer

 

Jumlah personil tentara Jerman : 290.500 orang

 

Sejak tahun 1955 Jerman Barat telah tergabung di bawah komando North Atlantic Treaty Organization (NATO), dan hingga sampai saat inipun negara federal Jerman masih tetap bergabung dengan NATO.

 

 

Angkatan Darat : 191,350 personil

 

Angkatan Laut : 25,650 personil

 

Angkatan Udara : 67,500 personil

 

Geografi

 

Luas Wilayah Jerman: 356,970 km2

 

Jerman merupakan negara yang bertetangga paling banyak di Eropa. terletak di bagian tengah Eropa,

Jerman bertetangga dengan Polandia dan Ceko di timur, Austria dan Swiss di selatan, Belanda, Belgia, Luxemburg dan Perancis di Barat serta Denmark, Laut Utara dan Baltik di utara.

Dataran Jerman Utara dengan ketinggian di atas permukaan laut tidak sampai 100 meter; Pegunungan Jerman Tengah terdiri dari tanah tinggi dari timur sampai barat; Tanah Lembah Rhine Barat Daya adalah satu daerah yang bersempadan ngarai dan tebing; sedang Dataran Tinggi Alphen Bavaria merupakan daerah pegunungan, di mana terdapat pegunungan Alps dengan puncaknya mencapai 2.963 meter di atas permukaan laut, merupakan puncak paling tinggi di Jerman.

Sungai Utama Jerman adalah Sungai Rhein (sepanjang 865 kilometer di wilayah Jerman) dan Sungai Danube, dengan temperatur rata-rata 14-10 derajat Celsius pada Juli dan 5-1 derajat Celsius pada Januari.

 

 

 

 

2.a. Berdasarkan Weekly news yang telah saya upload, saya dapat menganalisa tentang beberapa hal penting yang berkaitan dengan politik luar negeri serta peranan Jerman di kancah perpolitikan internasional. Kondisi real yang terjadi dapat dikatakan dalam suatu kondisi yang dinamis dimana berbagai keputusan ataupun kebijakan yang diambil oleh pemerintahan Jerman dibawah kepemimpinan Kanselir Angela Markel begitu beragam, ada tekanan baik secara internasional maupun nasional. Dalam hal ini dapat dilihat dalam keputusan Angela Markel menolak permintaan North Atlantic Treaty Organization (NATO) dalam keterlibatan militer Jerman dalam misi di Afghanistan Selatan. Dalam Permasalahan ini Tentara Jerman dituntut oleh NATO untuk ikut serta secara penuh dalam pertempuran di Afghanistan Selatan, tetapi keputusan tidak mutlak di tangan Kanselir Markel namun parlemen Jermanpun memiliki peranan penting akan setiap kebijakan dan mengenai pengiriman pasukan Jerman ke Afghanistan Selatan Kanselir tidak mendapatkan persetujuan dari parlemen.

Akan tetapi bersebrangan dengan permasalahan penolakan pengiriman tentara Jerman ke Afghanistan Selatan, tentara jerman yang tergabung di dalam NATO akan dikirimkan ke daerah Kosovo sebagai pasukan keamanan untuk meredam konflik di daerah tersebut.

Lain lagi mengenai permasalahan konflik yang terjadi antara Israel-Palestina, pada 10 Maret lalu, pemerintah Jerman mengutuk Israel yang berencana untuk membangun ratusan rumah baru di kawasan pendudukan Yerusalem Timur dan Tepi Barat, Jerman mengutuk rencana tersebut karena rencana tersebut tak dapat diterima dan merupakan suatu ancaman atas proses perdamaian Timur Tengah.

 

2.b. Bila saya hubungkan keterkaitan mengenai Weekly News yang telah saya upload dengan kapabilitas Jerman dengan kondisi real yang terjadi maka dengan singkat saya dapat mengatakan bahwa saat ini Jerman sebagai negara maju memiliki peranan penting dalam menciptakan stabilitas politik global. Perana Jerman juga dapat dilihat dalm keterlibatannya di berbagai organisasi internasional seperti NATO. Sedangkan mengenai kapabilitas Jerman juga dapat dilihat melalui letak geografinya, demografi serta sector ekonomi dan teknologi yang dimiliki oleh Jerman. Tidask dapat dipungkiri bahwa Jerman merupakan negara yang sangat penting untuk dijadikan sebagai rekan kerjasama bagi negara-negara lain didunia, hal ini dikarenakan keunggulan mereka dalam bidang pendidikan, ekonomi dan teknologi.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s